Battle of the Year - Simulasi Dunia Kerja dan Pembelajaran Dalam Berkolaborasi


Saya selalu mengatakan kepada para mahasiswa di kelas bahwa pada saatnya nanti masuk ke dunia kerja, kalian akan bekerjasama dengan orang lain yang bisa jadi kita belum pernah kenal sebelumnya. Atau bahkan bekerja dengan orang yang sangat tidak enak untuk diajak bekerjasama namun mau tidak mau kita bersamanya harus menyelesaikan suatu pekerjaan tertentu. Bagaimanapun caranya, yang namanya pekerjaan harus bisa terselesaikan dengan baik. Sebagai bentuk latihan bagi mahasiswa untuk bekerjasama dalam satu tim, pada Desember 2014 lalu, saya bersama dengan Matari Advertising, dan Fikom Budi Luhur beserta komunitas mahasiswa mengadakan sebuah pitching competition yang kami sebut Battle of the Year.

Bagi anda yang bekerja di Agensi Periklanan tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah Pitching. Sebuah Beauty Contest yang diadakan oleh pihak klien untuk memilih agensi dengan strategi dan kreatif terbaik sebagai mitra kerja dalam melaksanakan program komunikasi pemasarannya. Setiap ada pitching, banyak pihak yang terlibat dalam prosesnya, diantaranya adalah tim Account Services, Account Planner, dan tim Creative. Account Services bertanggungjawab sebagai Manajer Proyek yang memastikan setiap pekerjaan dari semua pihak bisa terselesaikan pada waktunya, Account Planner yang harus membuat Creative Brief berdasarkan Brief dari Klien dan Insight dari Konsumen, dan tim Creative yang menterjemahkan Creative Brief ke dalam sebuah materi iklan kreatif.  Dalam pitching competition ini, seluruh peserta akan menjalankan semua proses tersebut dengan pembagian kerja yang sesuai dengan jurusannya.
 
 Mahasiswa yang berpartisipasi dalam kompetisi ini terdiri dari dua jurusan, yaitu mahasiswa Advertising & Marcomm, dan mahasiswa Desain Komunikasi Visual. Yang menjadi tantangan bagi peserta adalah kenyataan bahwa sebagian besar dari mereka tidak mengenal satu sama lain karena berbeda jurusan dan mereka tidak punya kebebasan untuk memilih timnya sendiri. Komposisi dari tim ditentukan oleh saya sendiri sebagai fasilitator dengan mempertimbangkan kemampuan dari seluruh peserta agar saling melengkapi satu sama lain. Peran Account Services dan Account Planner akan dijalankan oleh mahasiswa Advertising & Marcomm, sementara peran tim Creative akan dijalankan oleh mahasiswa Desain Komunikasi Visual. Kompetisi ini juga merupakan Ujian Akhir Semester bagi mahasiswa Advertising & Marcomm di matakuliah Perencanaan Iklan Kreatif dan bagi mahasiswa Desain Komunikasi Visual di matakuliah Graphic Production Management. Pada hari pengumpulan, pekerjaan seluruh tim akan disaring menjadi empat besar, dan Top 4 yang berhasil akan presentasi di hadapan Matari Advertising selaku mitra kerjasama yang memberikan brief secara langsung kepada seluruh peserta. Pemenang dari kompetisi mendapatkan kesempatan magang di Matari Advertising.

Singkat kata, kompetisi tersebut berjalan dengan baik, dan harapan saya kegiatan ini bisa berlangsung sebagai sebuah pembelajaran mahasiswa dalam berkolaborasi dan memberikan gambaran nyata tentang dunia kerjanya nanti. Terima kasih kepada seluruh pihak yang sudah terlibat terutama Matari Advertising dan Fikom Budi Luhur.

Komentar

Postingan Populer