Kerja Sambil Berdiri Menstimulasi Ide-Ide Kreatif dan Perspektif Menyegarkan


Koichiro Oka, seorang profesor health behavior science dari Waseda University Jepang, menganjurkan agar tidak terlalu lama duduk di depan komputer di kantor. Mungkin anda berkata duduk di depan komputer tidak memiliki risiko, maka anda salah. Menurut Koichiro, kurangnya exercise di setiap minggunya dapat berdampak pada masalah kesehatan seperti penyakit jantung dan diabetes. Seringkali masalah-masalah kesehatan ini menimpa para pekerja kantoran yang kerjanya hanya duduk seharian di depan komputer, ditambah lagi dengan perilaku makan yang kurang bertanggungjawab. Mengantisipasi ini permasalahan ini, beberapa perusahaan di Jepang mulai menganjurkan agar para pegawainya bekerja berdiri.




Kini semakin banyak perusahaan di Jepang menyadari manfaatnya berdiri dan peregangan. Salah satunya adalah perusahaan e-commerce raksasa asal Jepang, Rakuten Inc di Tokyo. Untuk memfasilitasi pegawai untuk bisa berdiri dan meregangkan badannya, para pegawai diberikan meja kerja yang dapat diatur ketinggiannya. Sehingga pegawai pada waktu-waktu tertentu dapat bekerja sambil duduk maupun sambil berdiri. Kebiasaan baru ini diterapkan oleh Rakuten di tahun 2015 lalu. Menurut para pegawai, bekerja sambil berdiri memberikan stimulasi munculnya ide-ide baru dan perspektif yang menyegarkan.


Beberapa perusahaan lainnya juga turut melakukan hal-hal yang tidak biasa. Sebut saja Fujikara Ltd yang memasang exercise bars di kantor agar para pekerjanya bisa melakukan peregangan dan bergantung di exercise bars ketika mereka membutuhkannya. Contoh lainnya adalah NTT Software Corp, yang melakukan renovasi kantor dengan menghilangkan sekat-sekat di kantor dan membuat lorong sepanjang 110 meter yang melintang sepanjang ruang kerja pegawai. Hal ini bertujuan untuk mendorong para pekerja untuk berjalan dan berbicara dengan rekan kerjanya menjadi lebih mudah.



Sebuah perusahaan Furnitur asal Jepang, Itoki Corp, mengatakan bahwa kenyamanan kursi bukanlah solusi yang cukup untuk kesehatan para pekerja kantoran. Senyaman apapun kursi yang dibuat, tetap tidak bisa menghilangkan keluhan-keluhan seperti nyeri di punggung maupun di bahu akibat duduk terlalu lama. Singkat kata, penting sekali bagi para pekerja kantoran untuk mengubah cara kerjanya agar tetap kreatif dan produktif. Jika perusahaan anda belum bisa memfasilitasi cara kerja tersebut, maka yang bisa dilakukan adalah anda yang mengubah pola kerja anda. Selamat bekerja, selamat bergerak, selamat berinteraksi, dan terus kreatif.

Referensi
http://www.japantimes.co.jp/news/2016/09/27/national/japan-inc-taking-steps-get-workers-sit-less/#.V-oePzJh2Rs

Komentar

Postingan Populer