Mencari Pelarian Sepi di Tengah-Tengah Pandemi.

Bagaimana ya rasanya tinggal di tengah-tengah sawah? Itulah yang setidaknya yang ada di benak saya ketika menginap di sebuah vila istimewa, Aman Griyo Farmhouse, yang terletak di Dataran Tinggi Dieng. Beruntung sekali kami bisa menginap di sana selama 3 hari 2 malam minggu lalu, karena ‘Rumah Mungil Bergaya Skandinavia’ ini full booked sepanjangan November 2020 – Januari 2021. Booking bisa melalui AirBnB atau Direct Booking melalui kontak yang tersedia di Instagram.

Menginap di Aman Griyo Farmhouse, Dieng Plateau.

Pengalaman kami mulai dari booking sampai pulang dari sana sangat mudah dan nyaman. Semua berkat pak Dwi Yono beserta keluarga yang mengelola Rumah tersebut yang baru dibuka sejak September 2019 lalu. Setelah booking, semua informasi mulai dari rute perjalanan “ternyaman” dari rumah anda sampai Dieng di informasikan, Peta Wisata Dieng beserta HTMnya, dan tentu semua pertanyaan kita sebelum menginap di Rumah yang terletak di tengah sawah dan pegunungan setinngi 2,093 MDPL ini.

Sesampainya di sana, kami langsung disambut oleh pak Dwi, dan kemudia dijelaskan apa saja yang ada di rumah tersebut. Ternyata semua perlengkapan yang kami bawa menjadi “kurang berguna”, karena Rumah itu sudah “fully-Equiped”. Dapur lengkap beserta telur, bumbu, minyak goreng, kompor, wajan, termos, pembersih dapur, Rice Cooker beserta beras, dan lain-lain. Kamar mandi dengan water heater (meskipun mandi di sana tetap “challenging” karena dingin sekali dan air hangatnya kalah), dan bagian favorit kami adalah kamar dengan kaca panoramic yang sangat besar mengekspos bentang alam yang tersaji mengelilingi rumah. Kamar juga sangat proper dengan kasus 2x2m, ventilasi natural, dan ada teropong untuk melihat bintang. Tapi karena musim hujan, sehingga kurang mendukung untuk meneropong bintang. Temperatur di siang hari saat musim hujan mencapai 12 – 16 derajat celcius. Malam bisa mencapai 9 derajat celcius. Sangat kontras dari temperatur kota, sehingga persiapan baju dingin sangat diperlukan.

Pengalaman menginap di Aman Griyo Farmhouse ini sangat nyaman terutama karena pak Dwi beserta keluarga yang sangat memfasilitasi. Semua rekomendasi wisata alam beserta makanan-makanan yang ada di Dieng bisa kami dapatkan karena informasi dari pak Dwi. Breakfast juga menjadi fasilitas dari penginapan ini. Menunya antara lain: Nasi Goreng, Nasi Megono (nasi campur sayur dan santan dikukus), Sate Ayam plu Lontong, dan Bubur Ayam, dan makanan diantar pada jam yang kita mau. Namun karena ada dapur, di hari kedua kami kami justru memesan makan malam dari “jatah” sarapan tadi karena di pagi hari kami masak. Disamping itu, keluarga pak Dwi juga memiliki kedai makanan yang mana kita bisa menghubungi langsung “chef”-nya, yaitu saudara dari pak Dwi, dan memesan makanan sesuai dengan menu yang disediakan. Namun jika ingin sesuatu yang lain di luar yang ada di menu, kita bisa menanyakan ke pak Dwi dimana kita bisa memesan. Misalnya kami sempat memesan Mie Ayam, yang mana tidak ada di menu, dan ternyata di sore hari Mie Ayam bisa sampai ke meja makan di rumah. Selain itu kami sempat menanyakan dimana kami bisa membeli Kopi Prau. Pak Dwi pun memberikan kontak dimana saya bisa menghubungi langsung pemilik dari usaha kedai kopi Prau tersebut. Sungguh menarik dan spesial sekali tempat ini.

Anak-anak juga suka sekali bermain dengan ‘Bapak Dwi’. Ketika pertamakali bertemu, anak-anak bisa langsung akrab. Bahkan di hari pertama anak-anak meminta ke pak Dwi untuk diantar bermain ke kandang kambing karena dari rumah anak-anak bisa mendengar suara kambing. Padahal pada saat itu pak Dwi sedang ada pekerjaan dan karena “dikepung” anak-anak, akhirnya pak Dwi megiyakan (terima kasih pak Dwi). Anak kami paling besar 4 tahun, yang paling kecil 1 tahun 8 bulan. Bayangkan anak-anak ini berbicara langsung sama pak Dwi dan memohon untuk diantar ke kandang kambing. Mudah-mudah pak Dwi sekeluarga diberkahi Tuhan dan diberikan terus kesehatan. Liburan singkat ini sangat berkesan. Jelas tempat ini akan menjadi salah satu destinasi favorit kami! InshaAllah kami akan berkunjung lagi di lain waktu.