Iklan Walmart Versi Famous Cars: Tontonan Seru Melihat Batman, Cinderalla, Marty McFly, Sampai Bumble Bee Pickup Groceries



Diawal tahun 2019, Walmart meluncurkan commercial yang spektakuler dan memakau konsumen. Di Indonesia tentu tidak semua orang mengetahui MegastoreWalmart ataupun pernah berbelanja di Walmart, karena di Indonesia adanya Carefour, Giant, LotteMart, dan lain sebagainya. Namun jika orang Indonesia melihat video komersial yang diluncurkan, khususnya masyarakat middle-upper class Indonesia, pasti akan familiar dan attracted dengan ide yang disajikan oleh Walmart. Bagaimana tidak, semua mobil-mobil yang globally famous lewat film-film Hollywood dimunculkan di dalam video iklan tersebut.


Walmart sebagai salah satu perusahaan ritel terbesar di dunia meluncurkan iklan untuk layanan pengambilan barang pesanan secara online di tempat parkir toko. Untuk menyampaikan pesan tersebut, iklan ini menampilkan berbagai mobil ikonik dari film dan serial TV populer yang datang ke Walmart untuk mengambil barang pesanan mereka. Iklan ini menjadi viral karena menunjukkan kreativitas dan keberanian Walmart dalam menggunakan banyak intellectual property (IP) yang besar dan budget yang besar untuk membuat iklan yang menarik dan menghibur.

Mobil-Mobil Ikonik yang Tampil di Iklan

Iklan Walmart versi famous cars memiliki durasi sekitar 90 detik dan menampilkan sebelas mobil ikonik dari berbagai genre dan era. Berikut adalah daftar mobil-mobil tersebut beserta film atau serial TV asalnya:
  • Batmobile: Mobil keren milik Batman, pahlawan super dari DC Comics. Versi Batmobile yang digunakan di iklan ini adalah versi dari film Justice League tahun 2017.
  • Ecto-1: Mobil ambulans yang dimodifikasi menjadi kendaraan pemburu hantu oleh tim Ghostbusters. Versi Ecto-1 yang digunakan di iklan ini adalah versi dari film Ghostbusters tahun 1984.
  • KITT: Mobil sport Pontiac Trans Am yang memiliki kecerdasan buatan dan bisa berbicara dengan pengemudinya, Michael Knight. KITT berasal dari serial TV Knight Rider yang tayang pada tahun 1982-1986.
  • Lightning McQueen: Mobil balap antropomorfik berwarna merah yang menjadi tokoh utama dari franchise animasi Cars produksi Pixar. Lightning McQueen muncul dalam tiga film Cars yang dirilis pada tahun 2006, 2011, dan 2017.
  • Mutt Cutts: Mobil van berbentuk anjing yang digunakan oleh Harry dan Lloyd, dua sahabat tolol, dalam film komedi Dumb and Dumber tahun 1994.
  • Wagon Queen Family Truckster: Mobil station wagon hijau metalik yang digunakan oleh keluarga Griswold dalam perjalanan liburan mereka ke taman hiburan Wally World dalam film komedi National Lampoon’s Vacation tahun 1983.
  • Mystery Machine: Mobil van berwarna biru dan hijau yang menjadi kendaraan tim detektif remaja bersama anjing mereka, Scooby-Doo. Mystery Machine berasal dari franchise animasi Scooby-Doo yang pertama kali tayang pada tahun 1969.
  • Ford Explorer: Mobil SUV yang digunakan sebagai kendaraan wisata di taman dinosaurus Jurassic Park. Versi Ford Explorer yang digunakan di iklan ini adalah versi dari film Jurassic Park tahun 1993.
  • Kereta Cinderella: Kereta kuda berbentuk labu yang digunakan oleh Cinderella untuk pergi ke pesta dansa di istana. Kereta Cinderella berasal dari dongeng klasik Cinderella yang diadaptasi menjadi film animasi oleh Disney pada tahun 1950.
  • Mobil Fred Flintstone: Mobil primitif yang digerakkan dengan kaki oleh Fred Flintstone, tokoh utama dari serial animasi The Flintstones. Serial ini mengisahkan kehidupan keluarga zaman batu yang tayang pada tahun 1960-1966.
  • Bumblebee: Robot alien yang bisa berubah bentuk menjadi mobil atau manusia. Bumblebee adalah salah satu karakter dari franchise Transformers yang berasal dari mainan, komik, dan serial TV pada tahun 1980-an. Bumblebee juga menjadi tokoh utama dalam film Transformers tahun 2007 dan film spin-off Bumblebee tahun 2018.
  • DeLorean: Mobil sport DeLorean DMC-12 yang dimodifikasi menjadi mesin waktu oleh ilmuwan gila Doc Brown. DeLorean adalah salah satu elemen penting dalam trilogi film Back to the Future yang dirilis pada tahun 1985, 1989, dan 1990.
  • Alasan Mengapa Iklan Ini Keren dan Berani

Iklan Walmart versi famous cars tidak hanya menampilkan mobil-mobil ikonik, tetapi juga beberapa karakter, suara, dan adegan yang mengacu pada film atau serial TV asalnya. Misalnya, kita bisa melihat Slimer, hantu berwarna hijau dari Ghostbusters, yang mengganggu pegawai Walmart; atau mendengar suara KITT yang menyapa Michael Knight; atau melihat Bumblebee yang berubah bentuk dari robot menjadi mobil VW Beetle kuning. Iklan ini juga menggunakan lagu “Cars” dari Gary Numan sebagai latar musiknya, yang merupakan lagu populer pada tahun 1979.

Keberanian Walmart dalam menggunakan banyak IP yang besar dan budget yang besar untuk membuat iklan ini menjadi menarik dan menghibur. Menggunakan banyak IP yang besar berarti harus mendapatkan izin dan membayar royalti kepada pemilik atau pihak terkait dari setiap IP tersebut. Hal ini tentu saja membutuhkan waktu, negosiasi, dan biaya yang tidak sedikit. Selain itu, menggunakan budget yang besar juga berarti harus mengeluarkan banyak uang untuk produksi iklan itu sendiri, termasuk menyewa mobil-mobil ikonik, membuat efek visual dan suara, dan membayar aktor atau pengisi suara.

Pesan yang disampaikan sangat sederhana: “Order Groceries Online, and Picked Up for Free”. Apapun mobil kamu, sekarang kamu bisa order belanja bahan-bahan makanan sehari-hari secara online, dan kamu tinggal ambil belanja kamu di spot yang ada di WalMart gratis. Bekerjasama dengan banyak pihak dan membayar lisensi penggunaan ikon-ikon tersebut sudah pasti tidak murah. Namun secara kreatif hasilnya sangat memuaskan, menghibur, keren dan otentik. Menggunakan sesuatu yang sudah terkenal di masyarakat sebagai elemen kreatif bisa menjadi attention grabber yang cukup efektif. Karena masyakarat familiar dengan apa yang disajikan, Apa ya ikon Indonesia yang bisa diangkat?

Komentar

Postingan Populer