Apakah Seperti Ini Representasi Karakter Anak Muda Bangsa?

Heboh berita kehamilan selebritas muda yang baru saja terbebas dari penjara membuat saya merasakan kekecewaan yang mendalam. Kekecewaan ini membuat saya berpikir tentang konsekuensi dari pemberitaan tersebut dan menyadarkan saya bahwa telah terjadinya degradasi nilai, norma, dan budaya bangsa Indonesia. Apakah seperti ini representasi karakter anak muda Indonesia? Apakah memang perzinahan itu sudah menjadi suatu hal yang biasa di Indonesia?
Jika saya memperhatikan wajah sang idola yang tersenyum menceritakan kehamilannya menyiratkan bahwa hal itu sudah biasa terjadi. Saya berpikir apa jadinya jika semua anak muda melihat apa yang saya lihat tanpa berpikir kritis? Tentunya hal ini akan berdampak pada internalisasi budaya tersebut menjadi sebuah kebiasaan. Padahal kita tahu bahwa ini adalah sebuah masalah.

Apakah nantinya Indonesia akan dipenuhi dengan bayi-bayi yang tidak memiliki keluarga yang jelas? Apakah nantinya Indonesia akan dipenuhi dengan kegiatan perzinahan yang lebih marak dan cenderung high profile? Apa jadinya jika nanti anak-anak perempuan kita di masa mendatang berkata pada kita dengan bangga bahwa mereka tengah mengandung anak pacarnya? Hancur rasanya hati ini.

Melihat berita tersebut membuat saya terperangah. Ternyata hal yang dulunya dianggap aib, sekarang dianggap biasa. Saya harap para orang tua dan pasangan menikah yang tengah menunggu kehadiran buah hatinya untuk memberikan pembelajaran mengenai hal ini. Berikan mereka pemahaman dan perlindungan. Berikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan mereka. Tentu kita tidak ingin penerus dan fondasi bangsa kita menjadi rapuh akibat budaya seperti ini.

Bagi teman-teman, kita harus berpikir kritis melihat situasi ini. Kita harus bisa melihat bahwa penjualan kondom secara bebas dimana-mana adalah salah satu bentuk degradasi nilai dan budaya kita sebagai sebuah bangsa. Kita harus bisa melihat bahwa penjualan kondom secara bebas itu menunjukkan kelemahan kita untuk dapat mengendalikan diri kita sendiri. Kita tidak mau dikatakan sebagai bangsa yang lemah, bukan? Kalau kita tidak mampu memahami situasi ini, apalagi yang mau kita banggakan? Inget loh ! Budaya itu bukan hanya terbatas pada instrument musik tradisional, lagu daerah, pakaian daerah, dan seterusnya saja, melainkan karakter kita sebagai seorang anak bangsa. Tunjukkan dong kalau kita punya karakter dan prinsip yang tidak tergoyahkan!

Komentar

Postingan Populer