Chris Thile dan Keberanian Seorang Musisi untuk Bereksperimen dan Berkarya Dengan Kombinasi Genre

Image Source: http://www.wsj.com/articles/SB10001424127887324108204579024771230675620
 Bagi kebanyakan orang, musik adalah sekedar hiburan. Pengisi waktu luang, teman disaat kesepian, alat mencari inspirasi, dan penenang disaat resah. tapi bagi musisi sesungguhnya yang berkarya, musik adalah Skill yang dilatih berjam-jam dan bertahun-tahun lamanya untuk menampilkan sebuah komposisi yang dinikmati banyak atau sebagian orang saja. Sangat disayangkan permainan musik yang skillful dan dikomposisikan dengan sangat serius seringkali tidak mendapatkan apresiasi yang sama dengan aspek hiburan dari penampilan musik itu sendiri. Poin ini adalah poin yang disampaikan oleh Chris Thile, seorang pemain alat musik mandolin dan penerima Grammy Award 2015 bersama Edgar Meyer pada kategori Best Contemporary Instrumental Album dengan Albumnya Bass & Mandolin.


Chris Thile kepada Wall Street Journal menyampaikan bahwa penonton yang melakukan headbang ketika mendengarkan musik dari grup band Radiohead seharusnya bisa mendapatkan "keseruan" yang sama ketika mendengarkan sebuah komposisi dari Bach atau Machler. Dia mengatakan:

"The great musics of the world are great for very similar structural reasons: good melody, good harmony, and a balance of feminine and masculine energy. What makes one type of music classical and one bluegrass and one folk—these things aren't what's important," he said at a recent interview in midtown Manhattan. "My thesis statement would be—Bach didn't write Baroque music. He wrote great music."
Mr. Thile bukanlah seorang musisi yang "takut" untuk berganti-ganti genre (genre-hopping). Buat dirinya, semua musik sama dan memiliki struktur dan energi yang sama. Keberaniannya dalam bereksperimen diterapkan di berbagai karyanya ketika bermain bersama bandnya Punch Brothers dan Nickel Creek. Instrumen yang dimainkannya, mandolin, adalah instrumen yang sangat melekat dengan aliran musik bluegrass. Namun dengan mandolinnya, ia memainkan berbagai macam komposisi dan kombinasi mulai dari tradisional bluegrass, jazz, dan bahkan klasik. Chris Thile adalah seorang cocok untuk dijadikan role model bagi kamu-kamu yang ingin menjadi musisi yang berkualitas dari segi ketrampilan maupun karya. Berikut ini adalah salah satu penampilannya yang luar biasa.


Komentar

Postingan Populer