Manifestasi Budaya Imut Jepang ke Dalam Penampilan Musik Kyari Pamyu Pamyu

Image Source: http://www.japanator.com/userblog_show_promoted_blogs.phtml?start=12&a=616
Sebagai seorang artis, performance adalah sesuatu yang perlu dipikirkan dengan matang di samping musik itu sendiri. Ketika tampil di depan penonton, atau ketika musik divisualisasikan ke dalam sebuah videoklip, detail penampilan menjadi satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Kalau berbicara detail dalam performance, maka kita perlu menyimak Kyari Pamyu Pamyu yang selalu tampil imut dan vibrant.



Kyari Pamyu Pamyu adalah seorang bintang di negara asalnya di Jepang. Ia dikategorikan sebagai sebagai artis besar Jepang yang memiliki karir internasional karena memang sering tampil di luar negeranya. Sebagai seorang penampil, Kyari di juga dinobatkan sebagai "sosok" yang berada diujung tombak dalam mempromosikan budaya Jepang yang dikenal dengan Kawai Culture, yaitu budaya yang berasal dari kata Kawai itu sendiri yang berarti imut (cute/ loveable/ adorable). Budaya ini berkembang di daerah Harujuku, Tokyo, yang mana dimanifestasikan ke dalam gaya berpakaian, makanan, mainan, aksesoris, dan bahkan perilaku. Tak Hanya di Jepang, Budaya Cutue ini juga diminati oleh masyarakat di negara lain. Sehingga di mata para penggemar budaya Kawai ini, Kyari bagaikan seorang ikon yang dijadikan panutan dalam berbudaya Kawai dan disebut sebagai "Harajuku Pop Princess"..

Kyari pertama kali dikenal tahun 2011 dengan single nya PonPonPon yang berhasil menduduki peringkat atas di Jepang. Kesuksesan single tersebut dilanjutkan dengan single lainnya yaitu 'Candy Candy' dan 'Fashion Monster' (2012). Disetiap videoklip dan penampilannya, Kyari selalu menampilkan detail kostum dan properti serta stage act yang menarik. Berikut ini adalah salah satu single  Kyari yang lucu dan unik berjudul Ninja Re Bang Bang dimana selain detail kostum dan desain animasi yang menarik, ada bagian Mirror dance oleh animasi robot yang juga ditampilkan di setiap penampilan Live di lagu tersebut.

Komentar

Postingan Populer