Snarky Puppy - Sebuah Keluarga Besar, Ketrampilan, dan Komitmen Pada Musik

Image Source: http://custom.bandframe.com/snarkypuppy/
Bagi para pecinta musik, terutama musik Jazz, perkenalkan sebuah band - mungkin lebih tepatnya big band - instrumental fusion yang keren banget! Memainkan musik dengan komposisi yang sophisticated dengan jumlah personel yang banyak bukanlah suatu hal yang mudah. Terutama jika salah satu personel memiliki ego sendiri untuk menampilkan skill pribadinya. Sehingga komposisi yang dimainkan akan terdengar tidak harmonis. Namun berbeda cerita dengan "big" band seperti Snarky Puppy yang memainkan komposisi Jazz sophisticated dengan jumlah personel hingga 40 orang!



Snarky Puppy adalah band instrumental fusion yang berasal dari Brooklyn, New York dan terbentuk di Denton, Texas, tahun 2004 lalu. Band yang dipimpin oleh Michael League, seorang Grammy Award Winning Bassist, Komposer, Arranger, dan Produser ini memiliki jumlah personal hampir 40 orang yang mereka sebut dengan sebutan "The Fam". "Anggota keluarga" Snarky Puppy terdiri dari pemain berbagai macam instrumen seperti gitar, piano, keyboards, woodwind, brass sections, perkusi, dan strings. Kemampuan mereka dalam menggabungkan skills dari para pemain untuk memainkan suatu sebuah komposisi Jazz dan berimprovisasi tidak datang dengan sendirinya dan melalui sebuah proses.

Skill bermusik "The Fam" dalam memainkan komposisi Jazz dimulai sejak berkuliah di University of North Texas yang mana program Jazz Studies-nya mendapatkan predikat terbaik di Amerika Serikat. Bermain dengan member yang besar membutuhkan disiplin, toleransi, harmonisasi, sensitivitas dan ketrampilan yang tinggi dalam bermusik. Dalam setiap penampilannya Snarky Puppy mendemonstrasikan nilai-nilai tersebut sekaligus memberikan inspirasi bagi mereka yang mampu menikmati dialog antar "The Fam" di atas panggung. Selain tampil dari panggung ke panggung, Snarky Puppy juga berkomitmen pada edukasi. Bersamaan dengan turnya, mereka juga mengadakan lebih dari 100 klinik, workshop, dan masterclass di Amerika Serikat, Canda, Inggris, Scotland, Prancis, Belanda, Jerman, dan Belgia. Hal ini menunjukan dedikasi Snarky Puppy yang begitu dalam dan luas pada musik.







Komentar

Postingan Populer