Peran Hans Zimmer Seorang Komposer dan Produser Musik Membangun Karakter Anarkis Joker

Image Source:http://comicsalliance.com/dark-knight-rises-novelization-joker-heath-ledger/
Bagi kamu para pecinta Batman, pasti sudah pernah nonton The Dark Knight, sekuel kedua dalam The Dark Knight Trilogy arahan Sutradara Christopher Nolan. Seperti yang kita ketahui, dalam sekuel tersebut, Batman kembali bertemu dengan musuh bebuyutannya, Joker. Diakui oleh banyak para pecinta film Batman pada khususnya, Joker yang dimainkan oleh Heath Ledger (1979 - 2008) begitu "menyeramkan", "kelam", dan Brilliantly Evil. Setelah menyaksikan film tersebut membuat orang berpikir apa jadinya jika ada manusia di dunia miliki kecerdesan sekaligus pikiran yang begitu jahat berkeliaran di antara kita dan melakukan aksinya di tengah-tengah kota. Benar-benar menyeramkan. Namun, mungkin aspek yang terabaikan oleh banyak pecinta film Batman tersebut adalah pembentukan karakter Joker yang direkayasa oleh tim produksinya. Salah satu aspek krusial dalam pembentukan karakter Joker di film tersebut adalah musik scoring yang dibuat oleh seorang Film Scorer asal Jerman bernama Hans Zimmer.




Video di atas memperlihatkan bagaimana Hans Zimmer sebagai seorang komposer membangun karakter "anarkis" melalui komposisi musik dan suara. Dengan dua nada dari violin, Hans menciptakan suasana yang menegangkan dan menjadi suara tema ketika Joker muncul di sebuah scene. Di video tersebut juga menceritakan proses bagaimana dia dan sutradara menentukan desain suara yang cocok untuk digunakan dalam film tersebut. Diakui oleh Christopher Nolan bahwa pengalamannya bekerja bersama Hans dalam membuat scoring film The Dark Knight adalah pengalaman yang menegangkan. Singkat kata, peran suara dan musik memiliki pengaruh penting dalam pembangunan karakter dalam sebuah film dan memberikan nuansa tersendiri pada film secara keseluruhan. Hans Zimmer adalah seorang Music Master yang patut dipresiasi.

Hans Zimmer adalah seorang komposer dan produser musik asal Jerman yang telah dinominasikan dan memenangkan banyak penghargaan. Sebanyak 50 soundtrack dan lagu karya telah dinominasikan ke berbagai penghargaan. Karya-karyanya bisa kita dengar di film-film seperti The Lion King, Gloadiator, The Dark Knight, Kung Fu Panda, Inception, dan yang di tahun 2015 di film Interstellar yang mana juga bekerjasama dengan Christopher Nolan.
















Komentar

Postingan Populer