Belajar Attitude Dari Klantink Untuk Menjadi Karakter Musisi Sukses

Bakat musik bisa datang dari mana saja. Tidak hanya datang sekolah-sekolah musik hebat dan tidak hanya datang keluarga musisi. Bakat musik yang luar biasa bisa datang dari tempat yang keras. Bakat musik bisa datang dari jalanan. Inilah yang ditunjukkan olehgrip musik Klantink. Sebuah grup musik yang mengawali karir mereka sebagai pengamen jalanan di Terminal Jotoboyo, Surabaya dan menjadi dikenal oleh masyarakat melalui sebuah program televisi pencarian bakat di sebuah stasiun televisi swasta. Selain bakat dalam bermain musik, banyak hal yang perlu musisi di seluruh dunia ambil dari pelajaran dan seringkali aspek ini jarang dimiliki oleh musisi-musisi yang merasa sudah hebat. Yaitu sikap (attitude) yang baik sebagai seorang musisi.

Klantink terdiri dari 5 orang pemuda: Wawan, Budi, Lukin, Ndoweh, dan Cak Mat. Sebagai sebuah kelompok musik, mereka memiliki ciri khas dan bisa dikategorikan unik. Tidak salah jika BBC salah satu media internasional asal Inggris menampilkan mereka sebagai  featured artist edisi pertama di dalam sebuah segmen Asia Beats yang menampilkan musik-musik dari regional asia. Musik Klantink sangat khas dan membawa semua cerita kehidupan mereka sehari-hari. Mereka menggunakan alat musik ala pengamen di terminal dan peralatan yang sederhana, ditambah dengan memadukan suara-suara yang dihasilkan dari apapun yang bisa mengeluarkan suara yang unik. Salah satunya adalah suara desir yang dihasilkan kacang polong yang diayak dengan ayakan di dalam sebuah komposisi. Ini menunjukkan bahwa dengan eksplorasi musik tidak ada batasnya dan bahkan dalam keadaan sederhana seperti apapun. Disamping craftmanship musik, sikap yang patut dicontoh lainnya adalah kesederhaan.

Klantink dengan alat musik yang sederhana, membawakan musik kroncong yang mana musik yang sangat merakyat, bisa menyajikan penampilan yang sangat menarik. Tidak harus menggunakan alat-alat yang canggih, dengan komitmen untuk terus mengembangkan diri, Klantink bisa tampil dengan bersahaja bersama dengan musisi-musisi papan atas dan menyajikan musik yang berkualitas. Kini banyak musisi-musisi muda, baik yang tergabung dalam sebuah band, sebagai session player, atau solois, namun menunjukkan sikap “tinggi”. Sikap ini jauh dari apa yang dimiliki oleh Klantink. Bahkan untuk hal yang ekstremnya, Hal ini patut dicontoh dan dijadikan pelajaran bagi para musisi yang berkarya di tanah air

Komentar

Postingan Populer