Dibalik Kelucuan, Keluguan, Keimutan, dan lagu-Lagu Semangat AKB48 Adalah Seorang Akademisi

Laki-laki mana yang tidak terperangah ketika menyaksikan gadis-gadis yang imut menari-nari di atas panggung sambil melantunkan lagu riang dengan suara yang lucu? Sudah pasti banyak lelaki, apalagi lelaki yang nge fans banget sama cewek-cewek Jepang dan budaya Kawaii, suka banget sama AKB48. Grup yang terkenal dengan lagunya Heavy Rotation saat ini memiliki anggota lebih sekitar 140 gadis imut yang dibagi ke dalam tim, Tapi siapa yang menyangka kalau dibalik keimutan penampilan mereka ada tangan dingin seorang pria, yang sejak tahun 2005 menjabat sebagai Dosen dan sejak 1 April 2007 menjabat sebagai Wakil Rektor di Fakultas Seni Universitas Seni dan Desain Kyoto. Pria ini bernama Yasushi Akimoto, pendiri grup AKB48.

 

AKB48

 

Yasushi Akimoto, seorang penulis lirik, produser rekaman & televisi, dan sutradara, lahir di Meguro, Tokyo 2 Mei 1956 lalu adalah orang dibalik berdirinya AKB48 beserta sister group nya di negara lainnya seperti di China dan Indonesia. Ketika mendirikan AKB48, Akimoto mengaku iri dengan pertunjukan di Teater Kecil atau Band Rock yang tidak bisa dilihat dilayar televisi. Karena kalau di televisi, penonton cukup menyalakan televisi dan bisa menyaksikan mereka. Tetapi kalau di Teater Kecil, penonton sengaja datang jauh-jauh untuk menyaksikan idolanya. Sehingga muncul ide untuk membuat grup teater dengan gayanya sendiri yang tampil setiap hari agar penonton bisa bertemu langsung dengan idola mereka.

Secara konsep AKB48 adalah “Idols You Can Meet” (Idola yang bisa kau temui). AKB48 adalah grup cewek idola Jepang yang asal katanya adalah Akibaraha dimana teater mereka berada dan 48 adalah jumlah daftar anggotanya, Kini jumlah anggotanya berkembang menjadi 140 anggota yang mana penampilannya bisa dirotasi dan tampil di beberapa tempat secara bersamaan.AKB48 kini adalah salah penampil musik dengan pendapatan tertinggi di Jepang dengan penjualan di tahun 2013 sebesar USD128 Juta. Hingga Maret 2014, AKB telah menjual lebih dari 30 juta copy rekaman dan hingga kini juga menjadi fenomena sosial yang unik dengan penggemar yang juga unik baik di Jepang maupun di negara dimana sister groups  dari AKB berada.

Komentar

Postingan Populer